Mengetahui Asal Duit YouTuber Yang Membuat Mereka Kaya

Jaringan internet yang sangat meluas dan terjangkau banyak kalangan menjadi perkembangan media sosial semakin menduduki peringkat nomor 1 dalam cara berkomunikasi serta memperluas jaringan sosial. Banyak komunitas bermunculan juga, mulai dari sekedar komunitas gaul, komunitas berdasarkan asal-usul / tempat domisi, komunitas perusahaan yang sama, komunitas hobby sampai kegiatan unik lainnya.

Jenis media sosial mulai dari Facebook, IG, Twitter, What’s Up, LINE & Telegram punya peminat dari segment yang berbeda-beda. Misalkan What’s Up diketahui banyak di pakai oleh usia dewasa. LINE biasanya lebih di senangi oleh kalangan remaja. IG banyak di pakai oleh mereka yang punya passion di dunia travelling, kuliner sampai onlineshop kecantikan. Dari ke semuanya itu rasanya yang paling di senangi dari semua kalangan ialah YouTube.

Dengan YouTube banyak orang bebas berekspresi dengan passion masing-masing hingga muncul istilah baru “passionpreneur” yaitu orang-orang yang menjadikan minat terbesarnya menjadi professional, sesuatu yang bisa menghasilkan uang dan membuat mereka kaya raya. Dari sinilah, asal duit youtuber (julukan khusus passionpreneur yang memakai youtube sebagai medianya)  yang menjadikan mereka kaya.

Youtuber biasa bikin video yang berkaitan dengan hal yang disukainya mulai dari sekedar membahas benda kesukaan, cara mendapatkan, cara merawat, tips & trik seputar hal tersebut. Mulai yang sederhana kadangkala sangat menarik orang lain dengan hobby yang sama untuk melihatnya. Bahkan dapat tercipta trend baru dari hal itu. Untuk orang-orang yang pandai melihat peluang, hal seperti ini bisa menjadikan mereka kaya. Asal duit Youtuber yang menjadikan mereka kaya biasanya justru asalnya dari video sederhana tapi ditampilkan dalam bungkus yang menarik contohnya seperti pembuatan slime.

Yang menjadi pertanyaan ialah darimana mereka, para YouTuber (orang yang mempunyai account & rutin  mengunggah video di YouTube) itu mendapatkan uang? Nah, akan kita bahas disini. Jadi ada berbagai asal duit duit youtuber yang menjadikan mereka kaya:

  • Asal duit youtuber yang pertama ialah dengan cara “Monetizing Option” dari YouTube/Google. Saat kita mengupload video, ada pilihan “monetize” artinya ialah kita mengijinkan YouTube/Google untuk menaruh iklan di video kita. Dan nantinya kita bakal mendapatkan bagi hasil dari iklan itu yakni 45% untuk YouTube/Google dan 55% untuk kita. Sistem yang di pakai untuk menghitung jumlah pemasukan ialah CPM (Cost Per Mille) maksudnya iklan dibayar per 1.000 view di video itu, YouTube tentu telah mempunyai aplikasi otomatis untuk menghitung ini.
  • Asal duit youtuber yang kedua ialah “Brand Deals/Endorsing/Sponsorship”. Mempunyai subcriber / viewer tinggi yang setia bakal menarik banyak potensi sponsor, pengiklan di luar YouTube / investor ke channel YouTube kita. Cara ini dapat membuat mereka kaya mendadak.
  • Ketiga, asal duit youtuber dapat dihasilkan lewat “Celebrity Jobs”. Apabila viewer kita tinggi otomatis pamor kita bakal naik & kita akan dikenal menjadi artis dari YouTube. Tawaran pekerjaan professional dari entertainment pasti bakal berdatangan. Banyak contoh yang telah sukses sebagai artis terkenal yang awalnya mulai dari YouTube. Di kalangan mancanegara sebut saja Justin Bieber & PSY. Di Indonesia sendiri ada Eka Gustiwana, Sacha Stevenson, Radtya Dika dan juga keluarga Gen Halilintar.
  • Asal duit youtuber yang keempat ialah menjadi penjual produk Affiliate. Istilah mudahnya ialah menjadi “makelar online”, yaitu jasa bantu orang (Vendor) untuk memasarkan barangnya secara online. Sebagai balasannya kita akan memperoleh komisi sesuai dengan sistem yang sudah ditawarkan.
  • Dan asal duit youtuber yang terakhir ialah menjual produk unik / jasa khusus di YouTube. Mereka bisa menjadikan merchandise tentang game, fashion, pernak-pernik artis, dll. Makin unik & langka sebuah produk biasanya harga yang di berikan juga tinggi. Hal ini makin menjadikan mereka kaya.

YouTuber di Indonesia dengan income tertinggi dapat mencapai sekitar 7 juta sampai 44 juta loh. Bila kita hobby bikin video, tidak salah jika belajar lebih jauh mengenai bagaimana pembuatan video / film pendek yang baik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *